Pages

Copyright Text

Jumat, 03 Februari 2012

PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC)

Mengapa harus Pupuk Organik,,??


gambar POC.
Pembangunan pertanian secara alami yang ramah lingkungan saat ini banyak dilakukan untuk menghasilkan bahan makanan yang aman, serta bebas dari bahan-bahan kimia yang berbahaya dan beracun. untuk meningkatkan dan menjaga kestabilan produksi pertanian, khususnya tanaman pangan, sangat perlu diterapkan teknologi yang murah dan mudah bagi petani. Teknologi tersebut dituntut ramah lingkungan dan dapat menfaatkan seluruh potensi sumberdaya alam yang ada dilingkungan pertanian, sehingga tidak memutus rantai sistem pertanian.



Pembangunan pertanian alami ini semula hanya menerapkan sistem pertanian organk, tetapi ternyata hasilnya hanya sedikit. pemanfaatan Mikrobia aktivator pada praktek pertanian alami tersebut digunakan untuk memperbaiki kondisi tanah, menekan pertumbuhan mikroba yang menyababkan bahan organik oleh tanaman. pada pembuatan pupuk organik cair dengan mikrobia aktivator dapat meningkatkan pengaruh pupuk tersebut terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman.

Manfaat
Pupuk organik digunakan sebagai penggembur tanah dan sebagai media tempat hidup sejumlah besar bakteri. pupuk inilah yang akan membantu penyerapan makanan oleh tanaman. tanah yang telah ditaburi pupuk organik biasanya menarik bakteri dan mikroorganisme tanah yang dapat membantu proses penggemburan tanah. dengan demikian tanah yang menggandung pupuk organik menjadi lebih subur.

Pupuk organik dapat membantu penyelamatan bumi karena secara tidak langsung membantu pengembalian bahan nabati ke bumi dalam bentuk pupuk organik sehingga dapat mencegah percepatan kerusakan bumi. itulah dua buah manfaat dari pembuatan pupuk organik.

Mikrobia aktivator menguntungkan untuk:
  1. Memperbaiki lingkungan fisik, kimia, dan biologi tanah serta menekan pertumbuhan hama dan penyakit dalam tanah.
  2. Meningkatkan kapasitas fotosintesis tanaman.
  3. Menjamin perkecambahan dan pertumbuhan tanaman yang lebih baik.
  4. Meningkatkan dekomposisi bahan organik sebagai pupuk.
Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC)
Bahan organik sangat banyak terdapat di sekitar lahan pertanian, seperti misalnya jerami, pupuk kandang, rumput, pupuk hijau, sekam padi, serbuk gergaji, dan lain-lain. semua bahan organik yang akan difermentasi oleh mikrobia fermentasi dalam kondisi semi anaerobik pada suhu 40-50 C selama 2-3 minggu. hasil fermentasi bahan organik beerupa senyawa organik mudah diserap oleh perakaran tanaman.

Dosis
Pupuk oraganik cair hasil fermentasi diencerkan 1:5 dan setiap 50 ml disemprotkan untuk tanaman seluas 100 m2. pupuk organik padat yang merupakan limbah POC baik dipakai untuk pembibitan/menanam bibit yang masih kecil atau sebagai penutup tanah (mulsa) pada tanaman sayur dan buah-buahan.

Hasil penelitian dengan komposisi pupuk organik padat di ats mampu meningkatkan hasil panen padi antara 10% hingga 40%.

BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI


SOFTWARE GRATIS SILAHKAN LIHAT DI SINI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar